Senin, 12 Maret 2012

Manusia dan Kebudayaan

Pada tugas pertama di semester kedua ini saya akan membuat sedikit tulisan yg berjudul tentang 'Manusia dan Kebudayaan'

Manusia tentu sangat berkaitan dengan kebudayaan. Karena manusialah yg menciptakan sebuah kebudayaan tidak mungkin dong kebudayaan tercipta sendiri tanpa campur tangan manusia. Kebudayaan tentu memiliki arti, pengertian dari kebudayaan adalah sesuatu yg mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia. Contoh dari kebudayaan itu sendiri adalah manusia yg berbudaya, perilaku-perilaku manusia, organisasi sosial dan seni.

Salah satu contoh kebudayaan di dalam kehidupan adalah manusia yg berperilaku sopan santun terhadap sesama yg biasanya sering di temui di daerah jawa. Kebudayaan tentu memiliki pengaruh juga dalam kehidupann sehari-hari. Kebudayaan yang dikembangkan oleh manusia akan berpengaruh juga pada lingkungan tempat kebudayaan itu berkembang. Suatu kebudayaan memiliki suatu ciri khas dari masyarakatnya yang tampak dari luar. Dengan menganalisis pengaruh akibat budaya terhadap lingkungan seseorang dapat mengetahui, mengapa suatu lingkungan tertentu akan berbeda dengan lingkungan lainnya dan mengasilkan kebudayaan yang berbeda pula.

Dan yang terakhir manfaat dari kebudayaan bagi manusia. Kebudayaan mempunyai manfaat yg  sangat besar bagi kehidupan manusia, yaitu :
  1. Sebagai pedoman hubungan antar manusia 
  2. Sebagai petunjuk bagaimana manusia harus mengambil suatu tindakan
  3. Sebagai pembimbing kehidupan manusia
  4. Sebagai pengatur bagaimana tindakan manusia dalam bersikap dan bergaul dengan orang lain 
Demikianlah tulisan yang bisa saya buat pada kali ini semoga bermanfaat bagi orang yang membacanya :D

0 komentar:

Posting Komentar

 
;